Jumat, 05 April 2019

PRAKTIKUM III -- Memfokus, kemampuan melihat dan komposisi

1. Memfokus
    adalah menyetel lensa agar menimbulkan imaji tajam pada foto. fotografi pada dasarnya memindahkan imaji yang ada di alam nyata ke dalam gambaran dua dimensi dengan bantuan lensa.
Memfokus bisa juga menghilangkan sama sekali latar belakang dengan bukaan diafragma yang sebesar mungkin dan dengan lensa sepanjang mungkin. Memfokus dengan menonjolkan objek tertentu disebut dengan selective focus.




2. Kategori kegiatan memfokus: 
  • Fokus Statis, kegiatan memfokus dalam pemotretan yang objeknya tidak bergerak.  
  • Fokus bergerak, kondisi ini menyebabkan pemotret terus menerus mengubah setelan fokusnya. selektif fokus juga berperan.
  • Fokus jebakan, menyetel fokus dengan perkiraan tanpa membidik biasanya disebut dengan preset focus.

Contoh foto statis


Contoh foto gerak


Contoh foto jebakan


3. Kemampuan melihat dan komposisi
   Dalam fotografi, kemampuan melihat secara fotografi bukan sekedar melihat saja tetapi merasakan bagaimana benda-benda di sekeliling ini ada karena terang dan gelap. Menjadikan benda-benda tersebut bisa menjadi satu tatanan yang bermakna. Melihat warna-warna saling berlawanan atau justru menjadi harmonis.


4. Komposisi
  • Komposisi Grafik, suatu gambar yang terdapat unsur garis yang dapat membentuk kotak, bulatan, segitiga, dan lain-lain.
  • Komposisi Tradisional, ditemukan pada lukisan-lukisan Tiong Hwa dan Jepang. Format yang digunakan adalah format tinggi (Vertikal) dalam mana panjang atau lebarnya lebih besar tiga kali lebarnya.
  • Komposisi Bali, sering tidak memuat horison sebagai perbatasan antara bumi dan langit. Seakan-akan dipandang dari posisi tinggi, hngga pemandangan meluas ke belakang. Detail gambarnya pun diutarakan secar dekoratif, artinya ditarik garis yang teratur.
  • Komposisi Surealisme, penyajian benda-benda yang hubungan satu dengan yang lainnya tidak wajar.
  • Komposisi yang Menyimpang dari Ide Konvensional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PRAKTIKUM I -- Dasar-Dasar Fotografi

1 1. Silakan anda mencermati komponen-komponen dasar pada kamera SLR analog. Kenali satu demi satu fungsi komponen dalam kamera tersebu...